Wednesday, December 9, 2015

Bapak Fans Dian Sastro??

Standard
Dari dulu sebenarnya gue sendiri nggak terlalu peduli, bahkan nggak pernah mikir sampe gimana ujungnya nasib seorang cewek setelah kuliah, berkarier, then menikah dan berumahtangga. Dibenak gue cuma gimana caranya sekolah setinggi - tingginya, berkarier abis itu jadi horang kayahhh :cool
Well, sebenarnya karna sebelumnya belum menyadari, gue terlahir sebagai cewek juga,sih.
Lalu abis sekumpulan teteh-teh yang se-bus ama gue turun dari bus damri, gue cek ternyata gue beneran cewek :genit
*plak
Bercandaaa
Gue merenung di kamar,
Leh uga kata-kata u teh,
'Buat apa cewek musti capek-capek kuliah?
Buat apa cewek capek-capek ngerjain skripsi?
Buat apa cewek sekolah tinggi-tinggi?
Buat apa  cewek kariernya bagus?'

udah kayak puisi belum? :cool

Mengintip-ngintip lagi kehidupan sepupu-sepupu gue yang sudah menikah, seorang sarjana ekonomi, sempat menjabat sebagai manejer salah satu perusahaan, dan satu lagi seorang sarjana kesmas, dulu sempat bekerja di rumahsakit, sekarang??
Dua-duanya anak rumahan, mengabdikan diri ke titah suami dan mertua, jadi ibu rumah tangga yang baik dan benar.
Ironis, kalau diflashbak ke masa lalu, si cowok kaga mungkin berani bawa seorang cewek ke hadapan ibunya, selain alasan tampang tentunya, kalo bukan karena kecermelangan pendidikan, karier yang sudah berhasil diraih si cewek.
Bahkan bagi orang batak dijaman sekarang tawar-menawar sinamot (mas kawin) udah berdasarkan jenjang pendidikan si perempuan.

(Translate: naung sega=yang udah kacau,rusak; Nasala lakka = yang tersesat)
Tetapi, abis menikah??
Ujung-ujungnya dirumahkan juga
Jadi benar, pendidikan, karir dkk cuma buat modal pamer ke camer doang, ntar. :mewek
Sedang merenung nasib diri dimasa depan, tau-tau hape bergetar

Superhero incoming call

Nggak tau kenapa ketika seorang bokap menelepon, ada kesan tersendiri di benak masing-masing tiap orang anak.
Gue pribadi, rasanya mirip ketika umur 20 tahun gue di diskon jadi balik ke umur 5 tahun, mendadak balik jadi gadis kecil yang manja.

Ngobrol dengan bokap obrolannya pasti menyangkut hal yang bermanfaat, mulai dari politik, agama, pendidikan, news yang lagi geger, bahkan artis dan ujung-ujungya pasti balik soal kuliah gue yang belum beres-beres, nggak kayak nyokap, kucing tetangga diare, gue yang ditelfon (emangnya gue bidan hewan?? -__-)
Meskipun sekolah Bapak gue kaga ada tinggi-tingginya sama sekali, bahkan kadang-kadang gue ragu dia ngerti apa kaga yang gue omongin, tapi beliau selalu excited tiap ngebahas pendidikan gue.
“jadi kapan nih rencananya selesai?” Pertanyaan paling umum dari orang tua, sekaligus pertanyaan paling perih buat anak
“masih lama lagi, baru juga Maba”
“oh gitu ya” See?
“kira-kira target berapa tahun?”
Bisa nggak sih Pak, ngasih pertanyaan yang nggak menjebak? “kalo nggak 7 tahun ya 8 tahun hehe” daripada salah jawab mending pancing bawa bercanda aja.
“cepat banget itu,apa nggak sekalian 10 tahun?’’ Nah, keluar humor sarcasmnya.
Okey berdebat
‘’kuliah diteknik gampang banget pak, apalagi jurusan ii, 10 tahun mah kecepetan. lagian kayak kata alumni, nikmatin dulu lah kuliah, ntar kalo udah kerja ngga bakalan ada waktu nongkrong’’
“nah bagus itu, kamu bisa main-main dulu di kampus” see? bapak gue!! nggak heran kenapa gue bisa nongol seabsurd ini.
“sayangnya nggak ada mahasiswa yang mau diajak main-main pak. nggak seruu” jawab gue berlagak memelas
“hahhaha oke bapak ngalah" Bapak gue diam bentar ''ehm.. jadi gimana?” Kayaknya umpan gue nggak disambar,
lo sih mancing orang tua, lu kata lele?
“ So far lancar. tapi selesainya kapan belum tau pak, masih lama. santai aja pak ntar kalo ada tanda-tanda sidang pasti ngabarinlah”
“amin. Asal jangan keasyikan belajar, apalagi keasyikan main. Jangan mikir yang aneh-aneh dulu semasa masih sekolah.laki-laki, jodoh, hura-hura ada waktunya itu nanti”  
google traslate: jangan pacaran dulu!
Maap pak tapi anak mu nggak sanggup lagi jadi tuna asmara terus, tapi “ haha gimana mikirin gituan, mikir tugas aja udah bikin pala puyeng”
“ ah, itu mah gampang solusinya, nggak usah dipikirin, dikerjain aja” tinggal nyiapin panggung aja udah, jadilah bapak gue stand up comedian.
“ iya pak nggak cuma dikerjain kok, dikumpulin juga” Like father like daughter, nggak mau kalah.
“ah, kamu ini memang ” gue ikutan ngakak pas beliau lagi-lagi nyerah, “ngomong-ngomong kamu baik kan? Ah.. nggak mungkin sakit, dari tadi dang olo kala markato (dari tadi nyerocos terus,nggak mau kalah)''
“lagi galau sih pak sebenarnya”
“sahit aha i? diham accit? (penyakit apa itu? bagian mana sakit?)'' suara bapak gue panic, gue ngakak, anak kurang ajar...
“boasa mekkel ho? na boa do? (kenapa kamu ketawa, ada apa)" gue makin ngakak, mungkin disini pikiran bapak gue curiga, ‘ God, anak gue gila ’
“nggak pak. nggak ada yang sakit, ii tadi bilang galau”
“aha galau on? (galau itu bahasa planet apa?)'' Diam bentar, kayaknya dia lagi mikir “ ah ya, fpi galau karna ahok jadi gubernur, galau kenapa nang?” Nang = panggilan bapak ke gue yang paling ku sukai
“sekolahku tinggi, ujungnya paling jadi parumaen ni halakan (sekolahku tinggi ntar paling cuma jadi menantu perempuan orang)''  Kata gue mengeluh
“bah unang muli asa jadi boru ni oma torus (jangan menikah, biar jadi anak mama selamanya)'' Kekeh bapak gue di ujung sana
“Nggak gitu pak. lets just say selesai kuliah, pasti nganggur, mungkin ngambil S2 lalu nganggur lagi, kemudian berkarier, ketemu jodoh, selanjutnya...” Gue diam, enggak berani ngelanjutin kata 'menikah' :mewek
“yakin? ada yang mau sama pemalas kaya kamu emang?’’ Bapak gue terkekeh lagi, gue mengeluh, aihhh... gimana gue nemu jodoh, bapak gue aja udah desperate duluan.
‘’aish.. liat deh pak, kak lin, kak el, setelah menikah gimana? Apa nggak sayang sekolahnya itu? Apa mereka nggak nyesal? Mereka aja yang sarjana eknomi, kesehatan ujungnya jadi ibu rumah tangga, apalagi ii? Sarjana teknik, dikit banget kemungkinan bisa jadi ibu rumah tangga sambil berkarier ’’ ini curcol abis-abisan namanya.

“Emang... itu sudah resiko perempuan, nang hahaha”

Kudu berapa kali sih, Pak, gue harus ber-aishhhh..

“Ehem" Beliau berdehem "tujuan kamu sekolah tinggi-tinggi apa?”
‘’Menuntut ilmu.” Spontan gue teringat lagu pas masih SD
“Nah, itu pinter ” bapak gue tertawa lagi

Duhhhh bapakkee…

‘’Tapi ilmunya kan buat bekerja, bukan buat dirumahkan” Gue mulai kesal
“Nang, tadi bapak ngomong masa sekolah jangan mikir aneh-aneh. Kalo kamu mikir ini itu terus, kapan geraknya? Kerjakan aja dulu apa saja yang bisa kamu kerjakan. Pasti akan ada waktunya ilmu dan pengalaman terpakai nanti. entah itu kamu nantinya berkarier, nggak menikah, atau jadi ibu rumahtangga, yakin ajalah nggak akan sia-sia ilmu kamu itu. Gak muluk-muluklah ibu-ibu cerdas pasti akan menghasilkan anak-anak cerdas ”

Disaat detik – detik jarum jam berputar tik…tik...ti..k (a.k.a gue bengong melongo sambil beripikir) kayaknya itu kata-kata seseorang deh 

“Pak... emm... Bapak fans Dian Sastro, ya?”
“Siapa itu ?? Politisi partai mana itu?? ”
Hadeuhhh......  :capedeh









Friday, December 4, 2015

Hi, Kenalin Gue..

Standard
Satu-satunya kebijakan kosan gue yang patut diacungin jempol adalah kebijakan yang dicetuskan Teteh, si penunggu, eh penjaga kosan, yang mana pokok kebijakan tersebut yakni,
'Tiap awal semester baru diadakan acara sesi perkenalan diemperan kosan yang wajib dihadiri oleh penghuni kosan sebagai upaya untuk memperat tali persaudaraan antar kamar kosan.'
Absurd emang tapi sepertinya, kali ini si teteh sangat memahami  pepatah 'tak kenal maka kenalan'.

Momen di acara perkenalan, kalo rekan-rekan penghuni kosan sibuk ngehafal nama anak-anak baru, gue sendiri, jelas bedaaa
Gue dan kepala gue sibuk sendiri ngehafal tipe-tipe cara orang memperkenalkan diri *plak

Seriously, setelah gue telusuri berdasarkan pengalaman 2 periode ikut berpastispai di sesi malam perkenalan kosan, gue menemukan semacam ada yang unik dari tipe ataupun style orang berkenalan, antara lain:

1. Style sok cool
Biasanya sih ini, terjadi pada pria dingin, bermuka datar.
Image source: kulkas.com
( ketika suasana sedang hening )
A : "nama gue cooly."  lalu melirik sebelahnya...
T I T I K KK
dah gitu aja, singkat, padat dan misterius.
Kali nafasnya lagi bau

2. Style anak SD
Biasa terjadi  pada orang yang masa SD kurang. Bisa kurang lama, bisa kurang bahagia.

A : hi
Penghuni kosan : (kompak) hi
A : kenalin,
     my biodata
     Nama : esde infress
     Nama panggilan : ica
     Jenis kelamin : umm..........

Image source: instagram
ummm... masih tanda tanya ?!?!

Semester : 1 (nggak selamanya)
Fakultas : fak.tukang, jurusan parkir
Alamamater : oranges
Alamat : kosan kita
Suku : blasteran sunda jatinangor dan sunda cirebon
Sepatu size : kegedean
Bra size : emangnya gue cowo apaan?? hih eyke kan banci
Hobby : nguras WC (eh... tapi boongan ding)
Mankes : mahal tapi kabel (kaga beli)
Minkes : sama juga
Warkes [warna] : almamater
Prikes : cowok
Wankes : masa jeruk minum jeruk??
Binkes [binatang favorite] : mantan
Wartegkes[warteg favorite]: solaria
Doskes [dosen favorite] : yang nggak pernah masuk
Bukostkes [ibu kosan favorite] : yang ngegratisin uang kosan
Kost kes [kosan favorite] : baru perdana ngekost
Kamkostkes[kamar kosan favorite]: baru perdana ngekost dibilangin!
Cita-cita  : semoga ada yang traktir gue tiap akhir bulan
Kesan dan pesan : miris,  pesan: jangan caci gue, sesungguhnya ini biodata boongan, selamat anda ketipu!

Penghuni kost : (  mengheningkan cipta ) :matabelo

Situ perkenalan, apa lagi nulis binder???


3. Style anak mami
Biasa terjadi pada maba imut bergigi pagar yang baru pertama kali mengenal dunia gemerlap, dunia kosan maksud gue

Image source: Instagram


 A     : hi kakaa (suara imut)
penghuni kosan : hi adik (kompakan, nggak kalah imut)
A      : Kenalin kak, nama aku, puppy. Kata mama panggil pipi aja.
           Pipi kuliah di universitas mamamia
           Kata mama pipi asalnya dari rahim mama
           Pipi anak tunggal, makanya kata mama, pipi nggak manja
           kata mama, pipi asalnya dari bulan makanya kayak princess.
           kata mama pipi kalo bobo suka ngiler.
           hmm apa lagi ya?
           kayaknya gitu aja deh ka. ada yg mau nanya lagi ga ka?

Si Pisang, salah satu penghuni baru stock lama mengacungkan tangan,
Pisang : Pi, papa kamu doggy ya?
A        : kok tau (muka kedip-kedip tersipu)
Pisang : Pantesss... anaknya, anak anjing.

Kosan hening selama 3 detik,......tik....tik....tikkkkkkk...

Lalu sekosan terbahak, si Pipi kejang-kejang ayan

4. Style horang kayahh
Biasa terjadi pada anak jurangan kampung yang sedang menuntut ilmu ke kota.
 A : halo semua
Penghuni kosan : (kompak) halo
A : Perkenalkeun, nama urang teh asep tatang sutarma. biasa dipanggil steven
      urang teh kuliah di UPMB (Universitas Paling Mahal Bandung). Biar kalo geus lulus kuliah ada yang ngewarisin bisnis peternakan abah didesa. Soalnya bisnis sawah, tanah, dan lain-lain abah geus diwarisin ke teteh urang. Sejujurnya, urang teh ga enakeun di kota,warganya pada ga seneng kebersihan, suka buang sampah seenaknya. Didesa mah beda, nih kayak bak sampah depan rumah urang, malah kudu tiap hari diangkut. kalo nggak, ya nggak enakeun liatnya, biasalah lembaran duit 50 ribuan bakal numpuk dibak sampah, makanya tukang sampah teh sering ngeprotes. Maklum, mamah urang teh orangnya rapi banget, biasanya biar nggak madatin lemari, duit nggak terpakai ya dibuang aja cenah.
Abah urang juga bersih banget orangnya. Abah teh suka marah sama si mbok pembantu dirumah urang. Si mbok sih, sukanya naik BMW ke sawah, kan itu angkot ke pasar. Padahal mah abah urang udah ngehadiahin alpard kalo mau kesawah jadinya kan BMW-nya biar nggak kotor.


Image source: Google.com  
Seluruh penghuni kost : (~ kompak ternganga~ )

Situ lagi lapor  harta ke kpk, bre?

5.Style kelewat intelek
Biasa terjadi pada orang yang kaget baru pertama kali dapet ipk 5,01

Image source: Google.com


A  : (bangkit berdiri) halo.selamat malam
Penghuni kosan : (kompak) malam

Lalu,tiba-tiba si pisang nyelutuk,
Pisang : silahkan duduk
 A : Terimaksih
Perkenalkan Nama saya geniuous Newton Edison Ainstain Panjaitan. Saya berasal dari planet namec. saya mahasiswa dari ITTB (Institut Teknologi Terfavorite Bandung) fakultas teknology ngejar nilai IPK, jurusan teknik menjilat. Ipk saya terakhir 5,01. Sebelumnya 4,99 dan sebelum-sebelumnya lagi anda boleh check transkrip nilai saya. Saya sangat aktif  di kampus. Salah satunya saya aktif  di lab Praktek menjilat. Lab ini adalah lab, yang menganalisis bagaimana cara-cara menjilat orang lain agar mencapai ipk setingi-tinnginya.

Lagi-lagi si pisang memotong,
Pisang : Oke baiklah. terimakasih atas penjelasan anda. tapi sayang sekali kami sedang butuh tenaga kerja beripk 0,01 :shakehand

Gue heran, kenapa emperan kosan mendadak berubah jadi ruang HRD??!!

6. Style kelewat supel
Biasa terjadi pada orang yang baru gaul dengan film orang dewasa

Image source: Instagram
 A : helow.. whats up yoo
Penghuni kosan : (kompak) haloooo...
 A : okay kenalin ea, gua sukiem inem,  panggil aja kyle. gue kuliah di diskotik. Tau nggak sih lo, temen-temen kuliah gue disana pada anak -anak gaul semua. kalo malem kita sering banget nongki distarbak. Kalo siang dugem di braga. pokoknya seru abis. Kalo lo mau gabung SMS gue aja, ntar gue ajakin deh. atau mungkin kita bisa nonton bareng kalo udah pagi, ah bobok bareng boleh jugaaa. pokoknya gue tunggu SMS dari lo. oh ya, kamar gue no 13 ketok aja kalo butuh yang anget-angett *kedip-kedip manja*

Nggak Pisang namanya kalau nggak nyambar umpan,
Pisang : ada socmed nggak Nem eh, kyle?
A        : pasti donk
Pisang : boleh dong minta, facebook, twitter, askfm, path, instgram
A.       : gue mah biar kekinian, pake friendster. add eaa friendster gue. kyLex caYaNk pApax maMax diKaMpuNk cElalU

Para pria penghuni kosan : ( mulut diam, tapi tangan masing-masing langsung sibuk ngegrepe hape, nginstall ulang friendster )



~ T A M A T~
[Cerita diatas cuma fiksi. Selamat, anda  berhasil gue kibulin ha..ha..ha (tawa lucifer)]

Bercandaaaa..
Enggak!!
itu bukan dongeng tapi memang fakta yang sengaja sedikit agak dilebih-lebihkan.

Sekilas memang kelihatan lucu,
Namun coba deh perhatikan baik - baik.
Tiap orang berusaha semaksimal mungkin agar mendapat simpati orang lain hingga masing-masing orang memperkenalkan diri dengan cara yang begitu luar biasa 'wah'.
Okelah disini terbukti kalo kodrat manusia itu adalah mahkluk sosial yang takut sendirian, nggak bisa hidup tanpa manusia lain which is mean nggak bisa hidup tanpa teman.
Nah ketemu kata 'teman'
Salah satu arti 'teman menurut kbbi' (cek linknya disini kalo nggak percaya) adalah orang yang sama-sama bekerja (berjalan, berbuat) lawan untuk bercakap-cakap.

Then, so what??
Nggak ada sih,
Cuma agak bertanya-tanya sebagai manusia yang belum punya apa-apa untuk dikenalkan ke orang lain dengan begitu 'wah'
Apa cuma gue aja ya, yang ngerasa perih kalo gue kudu kasih tau dulu seberapa triliun duit bapak gue, seberapa mahalnya tas gue, seberapa kecenya gue, seberapa populernya gue, seberapa gaulnya gue, seberapa kekiniannya gue, seberapa kerennya kampus gue, dan seberapa gedenya ipk gue, baru ada manusia lain yang ngajak berjalan bersama-sama? baru ada yang menyapa untuk saling bercakap-cakap? baru ada yang nganggap gue sebagai manusia?
Apa cuma gue aja yang ngerasa, seharusnya seorang teman itu bukan karena mengintai 'sesuatu'?

Apa semua manusia-manusia tanpa pamrih udah pada masuk surga, sehingga dibumi sisa manusia yang hanya memikirkan keuntungan, keuntungan dan keuntungan lagi??

Apa Nurani  benar-benar sudah punah di bumi manusia? Sudah kemanakah perginya kasih? inikah value yang sekarang kita pegang? :nohope:berduka



     
     
     





      
    

     
      




Thursday, December 3, 2015

Mati Instan!!!

Standard
Terimakasih pada shampo karena dia, ide nulis ini nongol :p

# Flashback

Gue lagi ngebasahin rambut, ceritanya mo shampoan dulu. Sebenarnya baru keramas juga sih, baru sebulan lalu hehehe
tau-tau emak berdering, eh maksud gue, emak nelfon
''ada paan mak?? "  efek masih awal bulan mah gitu, ngejawabnya judes, beda kalo udah akhir bulan, suara kaya ada manis sepat-sepat gitu.
Mati kau penjilat!

Heran ya, ngejawab telepon pas lagi bugil??
Sama gue juga -_-
Pliss... nggak usah kamseupay deh bre, kaga bakal diliat orang yang ngomong di seberang juga, kecuali ya kalo video call, beda lagi ceritanya, nonton video dewasa live itu mah

"lho kok kamu ngangkat, bukannya kamu ada kelas kuliah matdas..bla..bla..bla..bla" nyokap mulai bersaxophone ria. Gue memilih ngebasuh rambut, ngelanjut acara keramas gue daripada dengerin emak yang gue tau pasti sedang nyerocos jadwal kuliah gue dan tetek bengeknya.
Ya, sejak sekolah emak hafal roster pelajaran gue, kebawa ke sekarang ngehafal KRS gue juga "......kamu denger mamak nggak sih?"

"Iya, mak lagi Otw nih" otw bilas rambut maksudnya.
heran gue, kalo tau gue ada kelas kenapa  nelpon, sih mak??!

"kamu nggak lagi naik motor kan?" Fyi, mama gue rada parno kalo tau gue nebeng motor, kalo mobil??
jangan lupa ajak main ke rumah ya, nak! :genit

"nggak mak. nih lagi diangkot" lagi mijet-mijet rambut basah gue, biar kek ala-ala tukang creambath gitu

"bagus deh.... tapi ko kayak ada suara air"

"oh itu suara kran.." mati gueee.. "ee. eh.. mksud aku suara kran.. kran.. kranjang supir angkot.. iya kranjang " buru-buru ngematiin kran

"hah keranjanggg??? mang-mang angkotnya miara ayam... (pletak!!!) .." Mati, shampo pake acara kesenggol lagi

"apa lagi itu?? kamu dimana sih sebenarnya??"

 "mati, shampo..eh. hh.. itu.. shampo.... shampo.. shampo sopir angkot jatoh"

"lho? supir angkot shampoan??"

"iya mak, i. . . tuu.. itu.. itu tren buat keselamatan, biar... biar pas nyetir nggak garuk-garukin ketombe" full udah nama gue dikerak neraka
"uda ya mah, bentar lagi nyampe nih.. "
klik! buru-buru hape gue matiiin. buang nafas, lega...
jom-jom ngelanjut keramas lagi...

Rambut udah basah, sial shampo sisa air doangg..
#Flashback off

Orang Indonesia pribumi sama orang jepang beda banget. kalo katanya, walau Tsunami sekalipun menghadang warga Jepang bakal tetap adem ayem saat mengantri. Warga Indonesia? halahhh, dijalanan yang jelas-jelas sudah ada tanda lampu berwarna merah aja masih ngeklekson, nggak sabaran, seolah ada paham ngeklekson lampu merah bakal ngeubah warna jadi biru, entah siapa pencetus mitos itu. :bingung
Kontras banget emang mana  masyarakat bekas penjajah, mana masyarakat bekas jajahan.

Ya. gue salah satu masyarakat bekas jajahan itu. Gue akuin ngantri adalah kegiatan yang ngebetein.
Lagi PMS, ngantri dikasir, tiba-tiba ada yang nyelip ditengah, bahh.. apa gue aja yang ngerasa pengen nebas pala boneka voodo pake kapak sambil nusuk-nusuk dadanya pake samurai??
Perih bre... :mewek

Habis ngampus gue masuk hypermart.
Kok nggak nyambung? biar nyambungin kisah shampo tadi :cool
Selesai belanja, (itupun kalo kata cuma beli sebiji shampo termasuk aktivitas belanja) pastinya bayar ke kasir (kalo yang ini tergantung sudut pandang siapa, maling, copet, dkk ga termasuk)
Ngantri,
Moment paling nggak enak pas dikasir, posisi antrian yang sangat enggak strategis, didepan ngantri 3 orang ibu-ibu. Tiga orang doang sih, tapi masing-masing troli udah kayak muatan truk lagi pindahan, dan gue cuma mau bayar sebiji shampoo, masih enak shamponya kemasan botol, bukan sebiji saset.
:capedeh
Main hape?? ai mak matii, lowbattt..
Moment kampret sih, tapi mau nggak mau kudu sabar nunggu giliran. Hitung-hitung belajar sabar biar nggak katrok kek orang jepang.

Inilah yang bikin gue agak nggak nyaman kalo nggak megang hape, mata gue jadi liar kemana-mana. Eits jangan salah paham dulu, maksudnya gue jadi mendadak perhatian sama orang lain.
alamat salah paham lagi ini kayaknya,
okee.. maksudnya, gue jadi ngedetailin benda apa pun yang didekat gue, termasuk manusia lain disekitar gue buat nyibukin pikiran dan mata gue.
Dan kenapa gue bilang itu nggak nyaman? karena gue sadar, gue paling nggak nyaman kalo diliatin, apalagi saat dikasir, berasa kayak lagi diintipin mandi.

Udah ngeusahain fokus ke iklan mie instan si ganteng Al di layar tv namun refleks mata ini nggak bisa lepas ngeliatin isi troli ibu-ibu yang lagi discan si kasir (sebenarnya karna enggak sabaran)

Gue taksir Ibu-ibu pertama, masih ibu-ibu muda, baru ibu anak dualah kira-kira, langsung ngebongkar troli.  Tanpa perlu nebak isinya so pasti nggak jauh-jauh dari kebutuhan rumah tangga.ibu kedua, kayaknya anak dua juga tapi udah remaja tanggung, dan yang ketiga nggak ikut program kb, beranak lebih dari dua kayaknya, umur kira-kira 18 keataslah, nggak jauh beda belanjaanya. Wajar sih, namanya juga akhir bulan, kepala rumah tangga capek gajian, bendahara rumahtangga ya capek belanja.
Dari hasil pengamatan gue yang membedakan ketiganya adalah kebutuhan faktor usia. Misalnya kalo ibu 1 beli pempers, ibu 2 dan 3 beli kolor. Kalo ibu 1 beli kaos kutang bayi, ibu 2 beli miniset, dan ibu 3 beli bra. okey ini agak vulgar.
Persamaan paling mencolok yang gue tangkap adalah ketiganya sama-sama ngestock indomie, masing- masing kayaknya lebih dari 10 bungkus dengan merk yang berbeda,
hadeuh... susah emang kalo pengguna indo yang gaul, katanya indomie tapi merk beda, kacau pala berbie :capedeh

Pada ngerasa aneh nggak sih?
Nggak ya?

Kalau boleh jujur entah pola hidup yang mama biasakan dikeluarga yang kelewat lebay ataupun dia yang kelewat kampungan, nganggap mie instan itu adalah racun, seinget gue mama nggak pernah masakin mie instan dirumah
tapi, nyuruh gue ngerebus. Sama aja woyyy! :batabig
Dan juga, kalo mama  nelfon pas gue lagi makan mie instan kayak kejadian shampoan tadi, gue bilangnya lagi makan spageti (gaya lo!)
takut uang kosan nggak ditransfer, euyy..

(Sebelumnya,ini bukan situs haters,tapi sejujurnya maap ini iklan )

*plakk
Bukannn...

sebelumnya lagi, siapa yang alergi makan mie instan??
GUEEEE..... (boong bangeeett )

Udah berisik, ga usah didengerin, lanjut!

Mie instan,
Satu-satunya pacar paling setia saat akhir bulan dan musim hujan, sesuatu yang gampang didapatkan, murah meriah, puas kenyangnya, nagih rasanya.
tapi saudara-saudara ternyata setelah gue teliti, ada yang aneh sekaligus masih misterius dengan bungkus mi instan.

1. Beda di luar beda di dalam
          Luarnya kek gini
 

            Pas telanjang jadi gini

Serius, selama hampir seumur hidup gue nyicip mie instan, gue selalu bertanya ayam-ayamnya mana?? didepan bungkusnya ada ayam tapi pas udah dibuka hilang.apa jangan-jangan kabur? ini penipuan atau gue yang berekspektasi lebih? :bingung

2. harusnya sih gini
 apa pas gue aja yang masak, jadinya gini :bingung

3. Spesial

















Apanya yang spesial dari ayam spesial? ras ayam spesial tuh yang kayak gimana ?? kayak mana sih wujud jenis ayam spesial?? jenis apa ayam spesial itu, ayam berbulu domba?  dimana ayam spesial bisa gue temuin  habitatnya??

adakah yang bisa memecahkan misteri ini?

Namun selain keanehan itu, ada memang yang benar-benar jujur dari bungkus mie instan, yakni, tulisan mie instan.
kenapa nggak tulisan mie ramen? atau mie rebus?
jujur itu pertanyaan terbego yang pernah gue dengar :ngakak
emang faktanya mie instan adalah mie yang benar-benar instan, sob!
mulai cara dapetnya instan. Murah, dimana-mana ada. warung mana coba yang nggak nyetock mie instan?  warnet. itu aja juga  jual indomie semacam warkop
masaknya instan, 5 menit udah matang
nyantapnya juga instan, abis dari baunya yang sedap bikin ngiler, semenit ludes. Pengecualian, setelah diteliti kata instan tadi nggak sepenuhnya benar. sebab menurut video yang gue tonton di yutub, mie instan nggak instan dilambung. Katanya, butuh berjam-jam lamanya baru mie instan  berhasil dicerna, sehingga membuat lambung kudu bekerja ekstra keras untuk melumatnya. Bayangin kalo anak kost makan mie instan setiap hari, mesin aja kerja siang malam bisa KO apalagi lambung?
Jadi, kalo dipikir-pikir,kayaknya sebenarnya kata mie instan berasal dari plesetan kata mati instan,

Dan kesimpulannya, udah nemu belum keanehan ibu-ibu 1,2,3 tadi??
belum??
kebanyakan makan mie instan nih kayaknya
Coba baca dulu lagi deh keatas
Nggak usah, duhhhhhh....

Singkat saja,
Ibu 1,2,3 secara nggak sadar menyungguhkan kematian instan bagi keluarganya. :cendol













Wednesday, November 25, 2015

Ini Guru Gue, Mana Guru lo?

Standard
Hayoo ngaku siapa diantara kalian, gitu bangun tidur, langsung senyum-senyum gaje, abis itu langsung ngelompat ke kamar mandi?? Kalo kata orang, bangun cantik kayak di ftv-ftv gitu lho..
udah nggak usah muna, jawabannya enggak adaaa.
Mungkin ada begitu bangun langsung lari ke kamar mandi, tapi gara-gara habis ngecek hape dulu yang tau-tau ada notif whats app gebetan atau ga jarum jam angka 9. Kalo itu mah gue juga sering, minus gebetannya, sih :berduka
Bangun tidur di pagi hari adalah kegiatan yang sangat-sangat menyebalkan. Apalagi sekarang lagi musim hujan, bah bawaanya pengen ngumpet di bawah selimut terus. Belum lagi, bangun udah kayak ngehidupin orang mati, begitu bangun bukannya langsung bangkit, berbenah, entah tiap semenit sebelum bangun, ada di alam mimpi yang ngingetin 'hp lo gue colong', yang jelas nggak ada satupun manusia dimuka bumi ini (pengecualian yang ga punya hp) yang tidak refleks ngecheck hape begitu mata melek.
Gue ralat lagi ding, malah masih merem juga, tangan udah meraba-raba keberadaan hape. efek kelamaan ngejomblo.

Gue bangun pagi langsung ngeacting adegan diatas tanpa script apalagi sutradara, hape gue buka, tau-tau ada bc bbm isinya menggunakan bahasa jerman. Entah orang gila mana yang ngebc pake bahasa jerman nyasar ke gue, gue nggak tau. Tapi gilaan gue lagi, habis ngebaca tiap kata isi bc itu, malah buka google translate, tau-tau ada ini


Hanya satu kalimat yang muncul dibenak gue pas ngeliat gambar itu 'gue posting apa ya diblog?' hehehe
oke boong.
Hal pertama yang nongol di pala gua adalah adegan slowmotion muke-muke killer guru pas zaman SD. Kenapa nggak guru SMP atau SMA? alasannya, abis lulus SD gue udah jadi anak laknat, nggak ada yang berkesan banget. Ada sih beberapa, tapi kebanyakan kesan yang diinget kalo nggak tukang ngebully, hobbynya ya menjilat, merusak mata kalo gue ceritakan.

Zaman gue SD adalah zaman yang paling berbekas sekaligus berkesan buat gue. Belum mengenal luasnya dunia, belum mengemban namanya tanggung jawab, masih bersih, polos dan imut, kalo ditanya 'cita-citanya apa?' jawabannya masih, 'dokter kaka'.
Di SD-lah gue ngerasain berangkat ke sekolah tanpa perlu deg-degan gara-gara belum ngerjain PR. Di SD juga gue pernah mengalami sejarah rebutan bangku depan. 
Di SMA rebutan bangku depan?? hmm.. sudah kuduga, itu mustahil.
Di SD juga gue pernah mengalami enaknya ngedengarin pelanjelasan guru tanpa pura-pura  masang wajah serius tapi tangan main dibawah dilaci meja sama hape. Di SD-lah gue nggak mengalami habis guru cuap-cuap 2 jam didepan terus gue nanya teman sebangku, 'elu ngerti nggak?' dibalas muke  polos, 'kaga..' :matabelo
Tapi justru di SD-lah gue benar-benar ngerasain macam-macam sadisnya guru.

Kalo lo punya guru, yang sebutannya hasil kesepakatan tak tertulis dan digunakan secara turun-temurun, berarti masa sekolah lo kurang ajar!
Sama,gue juga :malu
Gue mau cerita guru-guru gue dulu sejak mulai kelas 2 SD minus sebutannya tentunya.
kenapa ga dari kelas 1? karena gurunya nggak ganti. Yup, beliau mengajar gue 2 tahun, plus nggak sengaja setahun dikelas 5, kembali bertemu ( jangan-jangan jodoh?) 
Nggak kebayang, betapa bosannya masa SD gue, 3 tahun diajar guru yang sama.
 Jujur jawabannya, enggak.
(masa?) iya.
(kok bisa?) Enggak tau!
Bukan karena gurunya nggak suka nyubit kalo kaga bisa ngerjain soal di papan, nggak mukul betis pake penggaris kalo nggak ngerjain PR, nggak ngemaki kalo lagi nggak fokus, kaga nyebut nama sepupu-sepupu dikebun binatang kalo lagi marah, murah senyum, rajin menabung, dan sebagainya, gue inget gue punya teman dulu namanya Rika. Desas-desusnya karena nggak tau papanya siapa, Rika ditinggal orang tuanya begitu aja dirumah adik ipar guru gue, kebetulan ibunya Rika masih keluarga dekat beliau. Entah mungkin dulu Ibu Rika ini kurang memperhatikan kandungannya, Rika terlahir maaf kata sangat bodoh dan pemalas banget waktu itu, bukan idiot atau seperti pengidap sindrom, dia normal. Hanya saja waktu itu mungkin karena dia kurang perhatian orang tua mengurus dia, soalnya adik ipar ibu guru gue tadi cuma kelurga pas-pasan, sibuk mencari uang untuk kebutuhan mereka yang mempunyai beberapa orang anak yang masih lebih butuh perhatian, jadinya dia susah banget nangkep pelajaran.
Posisi meja Rika hanya terpisah oleh lorong kosong dengan gue, bisa dikatakan mejanya persis disebelah meja gue. Jadi mau nggak mau apapun yang Rika lakuin dimejanya, dan bagaimana pun kondisi Rika, pasti nggak lepas dari fokus gue.
Gue inget dulu sepatu sekolah gue adalah sepatu yang bentuknya mirip converse. Gini-gini dulu gue udah kekinian gais, tapi kalo ngukur ukuran kekinian, kekinian Rika tak terkalahkan dijaman itu. Bayangin bre, anak kelas 2 SD, kalo nggak salah masih tahun 2000 waktu itu, dia udah pake sepatu model converse boot semata kaki ke sekolah, makin kekiniannya lagi, kalo sekarang tren sepatu sebelah kanan dan kiri warnanya berbeda, Rika udah lebih dulu mengenal memakai sepatu yang kanan di kaki kiri, dan sepatu sebelah kiri dikaki kanan.
Yup, suatu kali dia make sepatu kebalik.
Begitu dia masuk ke dalam kelas, gue udah rada curiga emang, pelotottan nggak bisa lepas dari kakinya. Pengen ngingetin tapi ragu, ngerasa mungkin emang gitu kali model cara pakainya, lagipula gue liat teman-teman pada nyantai, nggak ada yang protes, ditambah gue nggak enak banget sama dia. Udah nyoba nyantai tapi tetap aja rada gelisah kearah kakinya.
Kalo lo dulu senang banget teman lo ditindas guru, berarti masa SD lo sadis!
Berbeda dengan gue, meskipun di sekolah ranking 1 selalu ditangan, jujur gue paling nggak enak di moment teman dihukum, dibully dibanding-bandingin ke gue yang pada kala itu kata guru-guru siswa terpintar saat itu. (akhirnya ada juga yang bisa gue pamerin di blog ini :malu)
Bukan bermaksud menggurui para guru, gue tau diri cuma seorang mahasiswa yang juga masih harus banyak belajar, tapi ngebanding-bandingin murid itu sangat-sangat nggak baik buat physiology anak. Secara nggak sadar bukannya menambah semangat anak untuk menjadi lebih baik, tapi ngebanding-bandingin itu akan menjatuhkan moodnya dia dan rasa percaya kepada kemampuan dirinya sendiri. Nggak sedikit kemungkinan, walaupun kadang-kadang, sebenarnya dia bisa, mampu, berpotensi, namun anak tersebut akan minder kerap akan merasa nggak bisa, ujung-ujungnya malas untuk menunjukkan potensinya. Selain itu juga, besar kemungkinan akan menimbulkan rasa dengki terhadap rekan yang lebih unggul dari dia.

Moment yang lebih awkward lagi saat masih bertitle 'murid terpintar', moment disuruh ngajarin teman, abis sang guru udah kehabisan ide, kaga sanggup lagi ngebuat si teman tadi paham, dan itu sering banget terjadi antara gue sama Rika. Biasanya gua bakal ngelus-ngelus dada dulu saking gergetnya

Dulu dan sekarang perbedaannya jauh. Kalo sekarang, semisal punya tante atau keluarga yang kebetulan guru atau dosen sendiri, nggak usah muna, sebobrok apapun lo, nilai lo nggak bakal jauh-jauh dari 100. Fakta tentang, semakin gedung KPK diperkinclong, semakin nepotisme itu sendiri meraja lela, itu benar banget. Kalau dulu, justru karena Rika masih kerabat guru gue, maka beliau nggak segan-segan mewajibkan Rika harus masuk mengikuti pelajaran bareng kelas 1 juga (waktu itu anak kelas 2 masuk abis anak kelas 1 pulang sekolah, dan waktu itu beliau ngajar di kelas 1 juga) jadilah Rika 2 kali sekolah sehari. udah kayak minum obat.
Suatu hari, gue inget waktu itu Rika kesulitan banget mengerti operasi pengurangan, hari itu harusnya di roster pelajaran matematika 1,5 jam saja, tapi lanjut sampai 3 jam, pelajaran lain cuma dijadiin pajangan tulisan diroster doang. Mungkin kalo bukan karena bell pulang, sampe hari ini gue masih duduk diam dikelas 2 SD, gegara guru gue keasyikan ngajar dan juga um.. ngehajar.
Sumpah, menyaksikan Rika doang yang dihajar habis-habisan bikin keringet dingin nggak karuan euy. Serasa nonton the conjuring disebelah gebetan, orang lain yang acting, gue yang dag dig-dugnya double. Mungkin kalo gue nyeritain ini ke anak SD sekarang, mereka pasti nganggep gue lagi ngedongeng ratapan anak tiri sekolahan disiang-siang bolong, which is mean cerita fiktif belaka alias boongan. Beneran, gue inget betis belakang kaki Rika sampai berbekas akibat kipasan sapu lidi, punggungnya rika entah berapa kali disentuh pangkal ikatan sapu lidi, belum lagi kedua pipinya sampai berubah warna entah berapa puluh kali cubitan dan tamparan yang iya dapat, nggak lupa ditiap kata yang dilontarkan guru gue bukan lagi pantas disebut kata melainkan cacian. Entah berapa puluhkali beliau menyebut nama- nama teman-teman dikebun binatang sana ditiap akhir ucapannya. Beruntung kala itu, pak udin sipenjaga bell sekolah masih inget tugasnya, gue nggak jadi anak kelas 2 SD selamanya.
Ketika gue dan seisi kelas dengan hening memasukan alat tulis ke tas, nggak sengaja buku Rika terjatuh tepat didepan kedua kakinya, Otomatis semua fokus mata tertarik ke sepatu kekinian Rika, teman gue yang hampir meledek tawa, gagal, karena cara pemakain sepatunya yang edan, ternyata nggak lepas dari mata guru gue juga. Dan lagi, gue harus tahan nafas ngeliat betis Rika kembali dicambuk.
Anehnya setelah kejadian itu nggak ada seorangpun dikelas gue mengeluh sama orang tua, dengan alasan takut dianiaya guru, justru besoknya tiba-tiba teman-teman gue berubah pada jadi jenius, gue heran begitu gue tiba didalam kelas, mulut-mulut para penghuni kelas pada komat-kamit mirip mbah-mbah dukun yang lagi ngemantra. Taunya pada ngehafalin perkalian yang harusnya topic semester depan.
Ya, terimakasih pada beliau, karena beliaulah tiap ditanya dimimpi sekalipun gue pasti tau jawaban, 1×1 = ?
umm.............11
:hammer

Dikelas 3 beda lagi yang ngajarin gue. Mungkin kalo waktu itu huruf SD diganti jadi huruf SMA, gue yakin gue yang jadi tukang ngebukain pintu gerbang sekolah tiap pagi, saking semangatnya belajar (kalo mau muntah silahkan)
Kok gitu?
Dikelas 3 SD gue punya guru sebelas duabelas sama adam levin, artinya dua kata, tamvan
satu kata lagi, banget.
Sampai sekarang gue masih bertanya-tanya, kenapa beliau mau mengajar sekaligus ngebuka les bahasa inggris dirumah khusus untuk anak SD.
buat makanlah! 
Kalau itu, jabang bayi yang belum kontraksi juga tau!
Gue nggak bakal sebingung ini kalo nggak tau fakta beliau dulunya bekerja di Singapore, kalo nggak salah diperusahaan elektronik yang bikin laptop yang so pasti pendapatannya lebih gede plus umur beliau masih 25 tahun kala itu.
muda, tamvan, tajir, kurang apa lagi coba? paket komplit! (gagal fokus)
Kalau dipikir-pikir kenapa memilih SD bukan SMA, secara anak SMA lebih enak diliat dibanding anak SD. (Apanya enak diliat?) ingusnya!
Sudah tampan, beliau sangat-sangat baik hati. Saking baiknya, tiap orang yang belum ngerjain PR, yang kaga fokus merhatiin dia , gue sampe hapal banget, beliau dengan senyuman menggoda itu, cuma nyuruh menjepit batangan kapur putih dimasing-masing persendian antara paha dan betis atas belakang kaki, lalu berdiri ralat, jadinya jongkok diatas meja dengan satu syarat asal kapur tersebut nggak boleh mengeluarkan bunyi sekecil apapun, dengan kata lain kapur itu nggak boleh jatuh dari jepitan persedian tadi, sebab ada semboyan, sekali jatuh kelar hidup lo!
Percaya sama gue, habis digituin rasanya double, Pegal menjepit dan perih bekas sikatan sebiji lidi.
Jadi ya, karena senyuman menggoda guru gue tadilah, jangan heran gue hafal mati formula ke 16 tenses, tapi nggak bisa ngartiin kalimat ' hey baby,I miss you.love you..'
sayang kamu juga hehehe.. :genit
Memasuki kelas 4 SD,  ketemu ibu guru yang cara ngomongnya luar biasa halus dan lembut. mistisnya saat sudah berada disebelah papan tulis suara halusnya bakalan hilang ntah kemana, entah dibawa makhluk halus gue juga bingung.
Yang paling inget dari beliau adalah teriakannya yang khas, 'ku ketak nanti kepalamu satu-satu!'  Dan benar saja, nggak cuma kalimat itu doang yang nggak bisa gue lupain, bekas geplakannya juga.
Cara dan rasa geplakan beliau sangat unik dan khas. Sebelum menyentuh ubun-ubun calon korban, beliau mengepalkan telapak tangan sekuat tenaga lalu salah satu jarinya  dibentuk sudut agak menonjol dari ruas jari lainnya dibagian tengah jari, ujung sudut yang terbentuk itulah yang bakal ngehantam kepala si korban. Dijamin rasanya bakal nyut-nyutan, bre
Lagi-lagi gara-gara beliaulah, gue bisa menguasai jurus ampuh menggeplak  :hammer
Dan yang terakhir yang paling nggak enak adalah mama gue.
Seriusan nggak bisa ngejelasin gimana awkwardnya diposisi gue, kalo kata Raisa, serba salah. Kita berdua sih udah ada kesepakatan tak tertulis tanpa musyawarah mufakat agar tetap bersikap profesional. :shakehand
Buktinya banyak, misalnya, gue nggak merajuk didalam kelas ketika dapet nilai jelek. Nggak minta disuapin pas mama gue ngasih materi ke gue, gue juga ngikutin teman-teman ngatain mama gue itu adalah guru situkang lempar kapur (well, emang fakta gitu, sih.) Saat gue males ngerjain PR, malemnya gue nggak ngeracuni emak biar besoknya guru gue nggak masuk. gue juga nggak pernah bersekongkol dengan emak malem sebelum ke sekolah 'mak, besok pura-pura lupa PR kemarin ya? gue blom selesai.' Gue juga nggak menjeritkan 'emak, buku gue kok nggak ada ??' pas buku gue hilang tiba-tiba dikelas, dan yang terpenting bareng temen sekelas gue rela teriak 'mengerti bu guru!!' Bukan teriak 'mengerti emak! '
Tapi lagi-lagi para fans bukan bayaran berkedok nggak menyukai gue dan emak, sangat memperhatikan gerak-gerik kita disekolah. Benar kata orang, bukan anjing namanya kalo nggak menggonggong, ada aja yang jadi bahan protes. Gue dapet ranking pertama dikatain nepotisme, nggak dapet ranking dikatain 'mamahnya sibuk ngajarin anak orang sih, anaknya jadi bego!',  ranking terakhir, nggak cuma haters yang ngatain, kena semprot bapak juga dirumah. Akhirnya gue memutuskan, jadilah masa SD gue berlalu tanpa rapor. Yassalam..
Tapi diatas segala kepahitan ber-Emak-kan seorang guru, Yeah.. gue bersyukur jadinya bisa sok jagoan dikelas, ha ha ha ( tawa bapak-bapak).
kok bisa?
bisa dongzzz...
Gue akan bertransformasi menjadi seorang yang maha tahu segalanya.in this case, info tentang masuk ato nggaknya guru.
Serunya, dimoment pas temen-temen lagi pada ngosngosan nyatat (read: nyontek) tiba-tiba gue datang dengan gaya juruslamat,
'' Udah nggak usah capek-capek, Guru kita lagi ada urusan, nggak masuk"
Mata mereka langsung kompak berbinar horeer, tapi..
"Serius?? tau dari mana lo?"
gue dengan sok ongkang kaki,
''apa perlu gue teriak, emak gue nggak masuk, ada urusan katanya!!''
Dan mereka bersorak,
''yesss!!!! kita free ......"
Temen-temen gue hampir teriak kesetanan, eh maksud gue kesenangan ga jadi, pas gue tambahin lagi,
''nggak tau juga sih, siapa tau urusannya 10 menit udah kelar..'' 
Nah, dimoment ini nih yang gue tunggu-tunggu, ekspersi ragu temen-temen gue memilih antara ngelanjut atau berhenti nyontek itu tuh, ekspresi kayak anak SD lagi mikir cara mecahin soal integral, yang hasilnya diakar pangkat tiga, lalu diintegralkan 3 kali kemudian dilimitkan, selanjutnya dipangkat empat, lalu diturunkan dua kali setelah itu dilogaritmakan, dikudaratkan kemudian diintegralkan lagi 2 kali, dan yang terakhir dikali 0.
Sumpah, itu lucu bangeeett..
''serius, mang urusannya paan''
''terserah lo.. manaketehe..'' jawab gue cuek.
Karena muke gue saat itu mungkin nunjukin muke ngibul, mereka ngelanjut nyontek.

Dan bener, mereka bakal menyesal setengah mati, udah capek-capek nyontek, eh kampret gurunya sampe pelajaran terakhir nggak masuk.
sementara gue songong ngakak setan dipojokan.
"Dibilangin sih, ga percaya..."
Minggu depannya lagi, saat gue masuk kedalam kelas tau-tau lorong menuju meja gue kehalang ekor temen-temen yang lagi nungging, pada asyik nyontek.
Dengan gaya songong gue teriak,

''minggir dong gue mo lewat, nihhh "
''Songong banget mentang anak guru PRnya udah kelar''
 Entah apa hubungan anak guru sama PR kelar coba?
''apa sih lo,bubar aja udah.. Ibunya lagi sakit juga''
Tadinya mereka ngeliat gue kayak sampah,tiba-tiba berbinar
''serius??''
''kaga..tadi pagi emak gue ngeluh sakit perut si....(Yesss!!!!!!.)..h''  belum gue kelar ngomong, temen gue yang tadinya nyatet dipuggung temen gue yang lain, kali ini langsung histeris, ngerobekin contekan tadi, lalu berhalemshake keatas meja.
Udah belajar dari pengalaman kayaknya.

Tau-tau 30 menit setelah bell masuk, salah satu temen gue yang puitis mirip kayak jarjit syok didalam puisinya
''katakanlah ini hanya selaksa mimpi, kenapa daku melihat malaikat pencabut nyawa berdiri didepan pintu?''
Para murid yang tadinya bereforia pun mengalihkan tatapan menuju guru a.k.a emak gue sedang berdiri dengan anggunnya dipintu kelas, dalam posisi semangat 45 buat ngajar, ralat ngehajar.

''kata lo, ibu nggak masuk''
''kapan?''
''tadi?''
''emang gue ngomong apa tadi? gue kan bilangnya emak gue ngeluh sakit perut''
''kamvr........e..tt "
''apa kampret-kampret??  saya sudah minum kiranti, kalo kamu penasaran kenapa saya masuk.." si Emak melotot cantik.

Yeah, guru gue dan gue sangat-sangat profesional.
Lagi-lagi mau nggak mau gue akuin berkat mama guelah sekaligus merangkap jadi guru gue, gue jadi ummm....tukang ngibul    *cup cup cup kasihan

Sekilas tentang gue dan Bapak/Ibu guru gue mungkin ngebuat lo 'wah kampret, parah!!!' 
Meski mereka sadisnya sedemikan luar biasa, sampai sekarang gue nggak pernah benci ataupun ngerasa dendam, katakan gue alay, malah ketika nggak sengaja berpapasan dengan salah satu dari mereka gue memilih ngumpet dimana aja asal nggak ketangkep sudut matanya. Bukan karena trauma bakal dihajar lagi, bukan. Rasa hormat, respect dan rasa segan yang sedemikan besar atas didikan yang mereka berikan ngebuat gue menjadi seorang yang layak disebut manusia belum mampu balik memberikan  apa-apa ke mereka, sehingga gue merasa belum layak tatap muka dengan mereka, karena yang gue sadarain sejatinya seorang guru, semakin para muridnya merasa guru tersebut sangat killer, kejam, sadis, cerewet, phisicopath itu membuktikan semakin besar pula rasa perhatian dan sayangnya pada kita, muridnya.
gue rasa bukan hal yang tidak mungkin guru kita akan hanya tersenyum, ketika kita telat masuk kelas, bermalas-malasan. Bukan tidak mungkin guru hanya tertawa cantik saja ketika melihat kita tidak bisa mengerti soal dipapan tulis, bukan. Itu mudah baginya, hanya saja mereka tidak ingin kita, notaben muridnya ditegur oleh orang lain karena didikan yang salah. 
Sejatinya seorang guru, akan jadi rasa dosa besar baginya ketika ketika muridnya ditegur oleh orang lain yang tidak berhak. Kewajiban Dialah menghukum kita yang nakal, memberitahu yang benar ketika kita muridnya salah.
Ada yang bilang, Guru adalah mama, papa, orang tua kita di sekolah. Itu sebabnya segala kesadisannya, kecerewetannya itulah bukti bahwa kita bukan orang asing baginya, ngebuat kita, muridnya sungguh bagian dari dirinya.
Ya, Mereka, para guru yang sejati layak mendapat kehormatan itu, 'Pahlawan tanpa tanda jasa'